Luar Biasa, Sungai Terpanjang di Dunia

Terbaik-Sungai terpanjang di dunia. Ini adalah judul postingan blog saya kali ini. Berharap ingin kembali memberikan info-info segar buat Anda, info yang membelalakan mata, membuka cakrawala berpikir akan ke-Esaan-Nya, menurunkan derajat kengkuhan dan kesombongan karena sudah merasa yang paling hebat. Nah, berikut adalah sungai-sungai yang ada di muka bumi dengan panjang luar biasa.
1. Sungai Nil 
aneh-terbaik-sungai terpanjang
Sungai Nil mengalir sepanjang 6.650 km atau 4.132 mil dan membelah tak kurang dari sembilan negara yaitu : Ethiopia, Zaire, Kenya, Uganda, Tanzania, Rwanda, Burundi, Sudan dan tentu saja Mesir. Karena sungai Nil mempunyai sama artinya dalan sejarah bangsa Mesir (terutama Mesir kuno) maka sungai Nil identik dengan Mesir. Sungai Nil mempunyai perangan sangat penting dalam peradaban, kehidupan dan sejarah bangsa Mesir sejak ribuan tahun yang lalu.
2. Sungai Amazon
aneh-terbaik-sungai terpanjang

Sungai Amazon berada di Amerika Selatan memiliki panjang 6400 kilometer. Sungai Amazon memiliki total aliran terbesar dari sungai manapun, membawa lebih dari Sungai Mississippi, Nil, dan Yangtze digabungkan. Amazon juga memiliki sistem peraliran terbesar dari seluruh sistem sungai. Meskipun Nil sungai terpanjang, namun Amazon bisa dianggap “terkuat” (dilihat dari jumlah air yang mengalir per detik).
3. Sungai Yangtze / Chang Jiang
aneh-terbaik-sungai terpanjang
Sungai Yangtze / Chang Jiang berada di Negara China memiliki panjang 6300 kilometer. Sungai ini dikenal sebagai Sungai Yangtze (hanyu pinyin: Yangzi) karena adanya salah pengertian dari para misionaris pada awalnya. 
4. Sungai Mississippi 
aneh-terbaik-sungai terpanjang
Sungai Mississippi – Missouri berada di Amerika Utara memiliki panjang 6275 kilometer. Memiliki panjang 3,734 km (2,320 mil) dan bersumber pada Danau Itasca di Minnesota dan berujung pada Teluk Meksiko. Nama “Mississippi” berasal dari bahasa penduduk asli Amerika yang berarti “bapak air.”
5. Sungai Yenisei
aneh-terbaik-sungai terpanjang
Sungai Yenisei – Angara – Selenga berada di Rusia dan Mongolia memiliki panjang 5539 kilometer.
Sungai ini merupakan salah satu sungi terpanjng di daerah Rusia. berhilir di Gunung Tannu-Ola di daerah Tuva barat, Rusia, dan bermuara di samudera Arktik, dengan panjang keseluruhan mencapai 2800 mil.
6. Sungai Kuning / Huang Ho
aneh-terbaik-sungai terpanjang
Sungai Kuning / Huang Ho berada di China Benua Asia memiliki panjang 5464 kilometer. Aliranya dimulai dari sisi timur gunung Kuanlan dan terus mengalir hingga Teluk Vhihli di China bagian barat, panjang keseluruhan sungai ini adalah 2900 mil.
7. Sungai Ob
aneh-terbaik-sungai terpanjang
Sungai Ob – Irtysh berada di Eropa dan Asia memiliki panjang 5410 kilometer. Aliranya dimulai dari gunung Altai Rusia dan bermuara di teluk Ob dengan panjang keseluruhan mencapai 3459 mil.
8. Sungai Kongo
aneh-terbaik-sungai terpanjang
Sungai Kongo berada di Afrika memiliki panjang 4700 kilometer, menjadikannya sebagai sungai terbesar kedua di Afrika (setelah sungai Nil).
9. Sungai Amur
aneh-terbaik-sungai terpanjang
Sungai Amur atau Heilong Jiang (bahasa Tionghoa), atau sahaliyan Ula (Manchu) adalah sungai 9 terpanjang di dunia, membentuk perbatasan antara Timur Jauh Rusia dengan bagian Timur Laut Cina.
Sungai Amur adalah simbol dan faktor geopolitik penting dalam hubungan Cina-Rusia. Amur sangat penting dalam periode perpecahan Sino-Soviet di tahun 1960-an.
10. Sungai Lena
aneh-terbaik-sungai terpanjang
Sungai Lena merupakan sungai terbesar ke-10 di dunia. Sungai ini terletak di Siberia. Panjangnya 4.400 km (2.734 mil). Sungai ini bermuara dari Laut Arktik hingga Gunung Baikal.
Comments
0 Comments
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...